MY BEST DIARY
topbella

Tuesday, April 2, 2013

Manusia dan Harapan




            Manusia dan harapan. Manusia tak akan pernah lepas dari sebuah kata yang bernama harapan. Apa yang dimaksud dengan harapan? Berikut adalah beberapa kutipan tentang pengertian harapan.
“Harapan adalah sesuatu yang ingin kita dapatkan atau raih diwaktu yang akan datang” –Anggakara Aryaguna-
 “Harapan adalah keyakinan atau keinginan atas suatu hal untuk terjadi apapun kemungkinannya (hal tersebut terjadi)”  –Mario Julian Tandy-
“Harapan adalah sesuatu yang ingin dicapai tapi membutuhkan sebuah proses dan proses tersebut harus dinikmati. Kalau harapan itu tercapai berarti proses yang dijalani telah berhasil, tapi jika tidak tercapai maka proses tersebut akan menjadi sebuah pembelajaran terbaik.” –Yoga Prasetya-
            Dari ketiga pendapat tersebut, pengertian harapan masih saling terkait. Harapan itu termasuk kedalam tujuan hidup seseorang. Tujuan hidup yang bisa dicapai dengan suatu usaha. Karena harapan tak semudah pemikiran manusia pada umumnya. Harapan itu akan menjalani sebuah proses yang tentunya akan membuat kita belajar inilah hidup. Harapan setiap manusia tentunya berbeda namun proses menjalani sebuah harapan itu tak jauh beda. Harapan pun tak pernah luput dari sebuah kegagalan dalam proses mencapainya.
Menurut saya sendiri harapan itu adalah keinginan berupa proses pencapaian yang membuat hidup  menjadi lebih terarah karena mempunyai suatu tujuan yang ingin dicapai.
            Ada sebuah kisah tentang seorang gadis kecil yang mempunyai keinginan yang begitu besar. Dia bukan gadis yang pintar dalam bidang akademik. Gadis itu pun sering dicemooh hanya karena nilai akademik tak sebagus teman-temanya. Gadis itu pun bersedih. Apa yang harus ia lakukan? Ia harus terpuruk atau bangkit dari keterpurukan?
Gadis itu pun bangkit. Jujur saja dia tak mudah untuk membangkitkan rasa semangat dalam dirinya. Dia mengalami proses yang sangat panjang. Dia harus bersusah payah dalam  mencapai keinginan yang selama ini dia raih. Caci maki bahkan hinaan tak pernah lepas dan tak kunjung usai dari dirinya.
Sampai suatu hari ia mencapai apa yang dia inginkan ia menjadi salah satu murid terpandai dikelas. Namun hal yang kembali menjadi batu sandung ia adalah ia menjadi sombong seperti teman yang mengejeknya dulu. Ya kesombongan terdapat pada dirinya. Apa yang terjadi pada ia saat itu? Ia pun kembali jatuh hanya karena sifat sombong, obsesi  dan sebuah kecurangan yang ia lakukan. Sombong karena ia merasa hanya dirinya yang paling hebat. Kecurangan yang ia lakukan adalah ia tak menjadi jujur. Ia selalu melakukan jalan pintas yang ia pikir itu akan berhasil untuk mempertahankan apa yang selama ini ia dapatkan.
 Ia sadar apa yang dilakukan nya selama ini adalah salah. Ia mencoba memulai semua dari awal. Berawal dari kejujuran, yang terkadang kejujuran itu menyakitkan ketika teman-teman disekitarnya memilih untuk curang. Menyakitkan bahwa kejujuran saat itu dikalahkan oleh sebuah kecurangan. Namun ia tidak memperdulikan. Yang dipikirannya adalah bagaimana cara untuk mengembalikan sebuah harapan yang telah ia raih sebelumnya. Ya ia berhasil menjalani semua rintangan yang selama ini ia hadapi. Ia pun kini menjadi sukses.
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari sepotong cerita diatas adalah jika kamu merasa disepelekan janganlah kamu terpuruk, cobalah bangkit dan cobalah menjadi yang terbaik. Kejujuran adalah cara untuk kalian berhasil ya berhasil karena jujur itu sangat menyenangkan, walaupun hanya sekecil apapun kejujuran itu. Selain jujur kalian harus menjauhi sikap arogan sombong dan menyepelekan orang lain, karena itu adalah jurang keterpurukan dan kegagalan yang akan menyertaimu. Terobsesi pun sangat tidak baik dalam kehidupan ini. hindari sikap buruk yang ada di diri kalian mulai dari sekarang. Jika kalian telah berhasil jangan lupa untuk bersyukur, karena keberhasilan yang kalian dapatkan itu keberuntungan yang tuhan berikan kepada kalian. Kegagalan mungkin saja akan datang, tapi yang pasti akan datang adalah keberhasilan.
Harapan berawal dari sebuah keinginan berubah menjadi sebuah keyakinan dan menjalani proses dalam pencapaian harapan tersebut dimasa yang akan datang.
Janganlah pernah takut menggantungkan sebuah harapan setinggi-tinggi nya. Harapan itu memang ibarat sebuah mimpi yang tak akan mungkin terjadi. Tapi mimpi pun banyak bahkan sering menjadi kenyataan. Buatlah sebuah harapan yang kalian inginkan menjadi sebuah kenyataan, bukan hanya sebuah mimpi belaka.
Intinya buatlah sebuah keputusan yang bijak pada diri kalian. Karena keputusan itu yang kelak akan menentukan nasib kalian dimasa depan semangatlah kawan keberhasilan sedang menanti kalian. Raihlah keberhasilan dengan berbagai cara yang kamu bisa.

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile