MY BEST DIARY
topbella

Thursday, December 29, 2011

Curhatan seorang pelajar

Namaku yoshepin febri yanti

Aku seorang pelajar

Kali ini aku akan bahas bagaimana pengalaman aku sebagai seorang pelajar

Aku ingin berbagi bagaimana pengalamanku sesungguhnya

Aku ingin menasihati bagaimana sikap yang harus diambil seorang pelajar yang sesungguhnya

**********

Ya aku memang seorang pelajar

Dari sd smp sma aku bukanlah siswa pandai

Melainkan siswa yang sedikit beruntung

***********

Saat sd aku termasuk siswa yang sangat bodoh

Tak ada nilai yang begitu bagus saat itu

Teman temanpun banyak yang begitu mengejekku

Aku pun bingung bagaimana caranya agar aku mendapatkan nilai yang bagus

Jujur saja aku pernah nyontek ngebet nanya

Tapi nilai itu tak membantuku

Aku malah semakin malas belajar dan terlalu memanfaatkan kecurangan

Ini benar benar membuatku mencari tau

Apa yang seharusnya aku lakukan

Agar aku mendapatkan nilai yang tinggi

**********

aku sangat berharap yang namanya untuk masuk smp favorit

Segala upaya dan usaha telah ku curahkan

Tapi lagi lagi otak ku ini tidak bisa di ajak kompromi

Otakku selalu saja sulit untuk mengerti segala pelajaran

Daya ingat ku sangat amat lemah

Aku sering melatih daya ingat ku tapi ya emang udah begini

Pernah sesekali teman teman mengejek ku bahwa aku bodoh

Sangat bodoh

Aku benci dengan mereka

Sampai aku bertemu dengan seorang guru

Ia membantuku untuk melatih daya ingatku

************

Ya nasib dan keberuntungan sedang berpihak kepadaku

Aku lolos ke sekolah yang bagus

Smp yang isinya orang orang pandai

Aku sebangku dengan orang yang pandai menurutku

Tapi terkadang aku sering di sepelekan olehnya

Aku tau aku bukan siswi yang pandai

Tapi bukan berarti aku bisa di rendahkan

Aku pun kesal

Entah apa yang aku perbuat

Sempat aku berbuat licik tapi itu tidak membantuku

Malah menjerumuskan aku

******

Hari demi hari aku mencoba untuk melewati segalanya

Namun lagi lagi aku tak bisa

Aku mencoba membuktikan bahwa aku juga bisa menjadi anak yang pandai

Tapi otakku hanyalah otak manusia yang bukan sehebat Einstein

Aku pun minder risih dan malu di kelilingi oleh orang pinter seperti mereka

Aku juga ingin seperti mereka

Tiap malam aku belajar

Tiap subuh aku terbangun hanya untuk mengulang semua pelajaran

Tapi aku tetap saja lemah dalam pelajaran

Aku memang sangat lemah dalam pelajaran

Hingga akhirnya aku termasuk kedalam beberapa orang yang dianggap bermasalah

Ya memang aku sangat bermasalah saat itu

Nilai ku tak ada yang bagus

Banyak sekali remedial

Saat beranjak smp aku tak berani sikap yang ku ambil ketika sd

Aku tak berani untuk banyak bertanya kepada teman ketika ulangan

Ya itu akan membuat ku males

Aku sempat bertanya dan meminta jawaban kepada beberapa teman

Itu membuatku kecanduan

Dan tak menghasilkan sesuatu yang bagus

Dan aku peringkat 10 terbawah

***

Kelas delapan aku bertekad untuk menjadi yang terbaik

Tekad ku tak pernah usai walaupun aku sering gagal

Ya kelas 8 aku mencoba untuk jadi jiwa yang jujur

Tak menyontek nanya ataupun ngebet

Aku memang masih banyak remedial

Tapi ada beberapa guru yang menghargaiku

Dan menyemangati aku dengan sepenuh hati

Dan pada semester satu aku peringkat 11

Yah walaupun belum masuk sepuluh besar

Tapi aku mencoba memperbaiki nilai aku yang buruk

Aku terus belajar dan belajar

Aku tetap di sepelekan

Aku tetap di hina dina

Aku tetap di anggap sok pinter

Jujur saja kelas delapan ini aku tak berani untuk bergabung dengan orang pintar

Temanku hanya beberapa orang yang sama seperti ku

Yang selalu di sepelekan dan selalu dianggap tak ada

Semester 2 aku mengalami peningkatan

Aku naik ke peringkat 7

Dan aku pun sangat senang sekali

Aku sangat bersyukur

Karena aku masih diberi kesempatan oleh allah

***

Beranjak ke kelas 9

Aku tak menemukan dan sekelas dengan orang pandai yang sombong dan menyepelekanku

Aku bertemu teman teman yang begitu sederhana

Mereka begitu baik menghargai aku

Dan aku merasa sangat di anggap ditempat ini

Ada sekumpulan orang pandai yang baik dan membuatku semangat

Aku termotivasi sama mereka

Mereeka membantuku untuk tetap semangat belajar

Mereka mengajariku apa itu arti perjuangan

Aku pun selalu belajar mengikuti cara mereka

Aku mengulang dan mengulang

Yah karena aku sudah letih di sepelekan

Aku menyadari kekuranganku

Aku ikut bimbingan belajar

Walaupun terkadang aku harus menghabiskan waktu 12 jam untuk belajar setiap harinya

Aku tetap bersemangat

Ya usaha ku tak sia sia

Aku menduduki peringkat 3

Aku merasa sangat sangat sangat bahagia

Aku beruntung

Aku bersyukur

Terimakasih buat orang yang mengejekku

Terimakasih orang yang telah menyepelekanku

Terimakasih temanku yang setia menyemangatiku

Tanpa kalian aku takkan bisa bangkit

Dan Alhamdulillah

Allah memberiku keberuntungan

***

Ya semester 2 sudah mulai

Namun aku tidak memikirkan prestasi kelas saat ini

Bukannya aku sombong

Tapi yang aku pikirkan saat ini adalah ujian nasional

Apa aku bisa mengerjakan soal ujian nasional nantinya?

Aku menjadi terfokus pada 4 pelajaran yang di ujikan

Sempat melupakan beberapa pelajaran lainnya

Hingga aku menurun ya nilaiku semua menurun

Aku peringkat 4

Tapi tak apalah bagiku

Itu masih bagus

Aku focus sama un karena target ku adalah masuk sma negeri

Dan dengan semangat tekad yang begitu kuat

Keberuntungan pun menyertaiku

Aku masuk sma negeri

Alhamdulillah allah masih memberikan keberuntungan padaku

Teman temanku kelas 9 makasih ya kalian telah menerimaku apa adanya

Makasih teman

***

Sekarang sma

Banyak teman satu smp ku disana

Tapi bukan temanku kelas Sembilan yang selalu menyemangatiku

Aku sekelas kembali dengan beberapa orang yang membuatku lemah

Yah aku sangat lemah ketika orang pintar yang hobbi menyepelekan ada di sekitarku

Kali ini usahaku benar benar banyak dan begitu tinggi

Aku mencoba tapi ketika ulangan harian pertama nilaiku tak ada yang begitu bagus untukku

Hanya satu nilai yang begitu tinggi

Bahasa arab

Entah aku begitu beruntung

Nilaiku tinggi

Jujur saja saat itu sekitar 20 soal aku menembak

Aku tak menyangka sekitar 17 soal tebakanku benar

Ya lagi lagi keberuntungan kecil menyertaiku

Akupun bersyukur sangat bersyukur

Alhamdulillah ya allah

Engkau masih menyertai keberuntungan terhadapku

Namun ada yang berubah dariku

Aku begitu arogan

Terpengaruh dengan orang yang selama ini menyepelekanku

Aku menjadi angkuh

Sombong dan begitu sangat argon

Entah ada apa dengan diriku ini

Ya allah ampuni aku

Saat itu aku begitu arogan dan menyombongkan diri ini

Aku terjerumus dengan kesombonganku

Aku memang mendapatkan nilai yang cukup lah

Aku masuk sepuluh besar

Namun itu membuatku semakin arogan

***

Aku sekarang duduk dikelas 11

Aku dipisahkan dengan teman temanku yang itulah

Kalian pasti tau apa maksudnya

Aku memang tidak pandai untuk bergaul

Tapi inilah yang salah dari diriku

Harusnya aku tetap bersemangat dengan teman baruku

Aku terlalu menyepelekan mereka

Ya aku tersesat saat itu

Tersesat karena sikap yang aku lakukkan saat itu

Tak ada bedanya dengan orang yang menyepelekanku dulu

Aku membenci mereka

Tapi kenapa aku menjadi mereka?

Aku terlalu terobsesi dengan nilai

Sikapku tak patut dicontoh

Allah pun menegurku dengan sikap aku

Ya aku tidak masuk sepuluh besar

Ya walaupun aku jujur dengan tidak menyontek nanya atau yang lainnya

Itu tak membuat nilaiku menjadi sempurna

**********

Aku sangat sedih saat aku mengetahui kenyataan pahit itu

Aku begitu tak sadar diri

Apa kesalahan yang ada pada diriku

Aku malah menyalahkan orang orang yang tak jujur di depan mataku

Aku harusnya menyadari

Bahwa semua itu adalah murni kesalahanku sepenuhnya

Harusnya aku tidak begitu arogan

Harusnya aku tidak sombong

Dan harusnya aku menyadari

Bahwa sesungguhnya aku tak selalu diatas angin

Aku pun pasti akan terjatuh pula

Ya jatuhnya aku

Itu karena sikapku sendiri

**********

Kini semester 2

Aku menyadari apa yang terjadi pada diriku sebelumnya

Aku harus mengubah sikap yang ada pada diriku

Aku tak boleh menanamkan sikap arogan

Aku harus menghapus semuanya

Teman temanku yang baru telah mengajarkanku

Bagaimana sikap yang harus ku punya saat ini

Aku sudah tak mengenal bagaimana nilaiku nantinya

Aku tak begitu terobsesi saat ini

Aku pun tak peduli jika aku tak masuk sepuluh besar
saat ini aku hanya ingin belajar dijalan yang benar

Ya tanpa embel embel kecurangan

Dan aku harus diiringi sikap rendah hati

Kalian tau apa yang aku rasakan saat ini?

Begitu sangat menyenangkan

Ya aku sangat senang dengan hasil yang tak begitu bagus

Aku merasa sangat bangga

Dan aku pun sudah bisa menerima kenyataan

Rasanya begitu sempurna pelajaran hidup saat ini untukku

**********

Kelas 12 semester satu…

Ya saat ini aku kelas 12 semester satu

Kini aku akan menanamkan sikap aku kelas 11 semester 2

Aku memang tak akan terobsesi dengan nilai

Aku tak peduli bagaimana hasil raporku

Walaupun aku tidak masuk sepuluh besar itu tak masalah bagiku

Yang penting aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih nilai yang lumayan

********

Sempat ada yang membuatku sedih saat itu

Aku pernah mendapatkan nilai tidak remedial

Ya aku pikir itu hanya sebuah keberuntungan bagiku

Tapi ada salah satu temanku yang tak menyukainya

Apa salah aku mendapatkan nilai bagus?

Apa aku ga pantes untuk tidak remedial?

Tapi aku harus tetap semangat

Pokoknya aku ga boleh nyerah

Walaupun ada yang tidak suka

**********

Ya aku memang masih menjaga prinsipku untuk tidak menyontek

Aku merasa sangat bahagia walaupun aku harus remedial

Rasanya begitu menyenangkan bagiku

Aku akan terus berusaha untuk menuju keberhasilan yang akan menantiku nantinya

Entah kapan keberhasilan itu akan menghampiriku

Aku tetap semangat untuk menyambutnya

Nilaiku saat ini sangat biasa bagiku

Ya aku memang sedih dengan nilaiku

Tapi mau bagimana lagi

Usaha yang kulakukan hanya bisa menghasilkan segitu

Aku tak mengharap 10 besar di kelas ini

Aku malah sangat minder dengan mereka

Dan aku tak peduli walaupun aku harus mendapatkan peringkat terakhir dikelas

Tapi aku tetap berusaha dengan semaksimal mungkin

Yang jelas aku harus mengurangi bahkan harus menghilangkan sikap buruk

Sikap buruk yang arogan

Sikap buruk yang menyepelekan orang lain

Aku hanya berharap allah meridai jalan yang ku pilih saat ini

Aku ingin mendapatkan keberuntungan ya walaupun hanya sekecil atau seujung jari

Aku berharap aku bisa lulus un dengan hasilku

Aku berharap aku mendapatkan hasil yang terbaik di snmptn

Mungkinkah keberuntungan akan menyertaiku kembali?

Aku pun tidak tau

Aku hanya dapat berharap

***********************************************************************

Kesimpulan yang harus diambil:

Jika kamu merasa disepelekan janganlah kamu terpuruk,, cobalah bangkit dan cobalah menjadi yang terbaik… kejujuran adalah cara untuk kalian berhasil ya berhasil karena jujur itu sangat menyenangkan, walaupun hanya sekecil apapun kejujuran itu…. Selain jujur kalian harus menjauhi sikap arogan sombong dan menyepelekan orang lain… karena itu adalah jurang keterpurukan dan kegagalan yang akan menyertaimu…. Terobsesi pun sangat tidak baik dalam kehidupan ini… hindari sikap buruk yang ada di diri kalian mulai dari sekarang…. Jika kalian telah berhasil jangan lupa terhadap allah… karena keberhasilan yang kalian dapatkan itu keberuntungan yang allah berikan kepada kalian.. kegagalan mungkin saja akan datang, tapi yang pasti akan datang adalah keberhasilan… semangatlah kawan keberhasilan sedang menanti kalian… raihlah keberhasilan dengan berbagai cara yang kamu bisa………..

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile