MY BEST DIARY
topbella

Monday, March 31, 2014

Simple, Sederhana itulah PATH



  Seperti yang telah kita ketahui, pada zaman sekarang berinteraksi dengan orang lain tidaklah lagi menjadi persoalan yang sulit, semuanya menjadi mudah dengan peralatan yang canggih. Terutama berinteraksi lewat dunia maya. Bukan hal baru lagi apabila seseorang berinteraksi lewat social media. Sosial media sendiri merupakan jejaring social yang tersedia di dunia maya yang berbasis internet. Semakin hari semakin banyak social media yang bermunculan mulai dari friendster, facebook, dan masih banyak yang lainnya.
Beberapa tahun terakhir terdengar sebuah jejaring social pertemanan yang sangat tenar dikalangan remaja bernama PATH. Path tak lain dan tak bukan adalah sebuah prasarana yang dapat menjembatani antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lainnya.
            Path diciptakan oleh 3 orang yaitu David Morin, Shawn Fanning dan Dustin Mierau pada bulan November 2010. Path diusung untuk berinteraksi dengan kerabat dekat saja. Awalnya pada jejaring social ini hanya dapat berteman sekitar 50 pengguna. Namun semakin banyaknya pengguna maka pihak path membuat beberapa versi terbaru yaitu path versi 2.0
            Dana yang dibutuhkan untuk perusahaan path dalam mengembangkan aplikasinya lumayan cukup besar, namun tidak terlalu mengalami kesulitan karena banyak sekali investor yang menyumbangkan dananya untuk pengembangan path karena fitur yang terdapat pada path mempunyai daya tarik tersendiri.
Kini pertemanan pengguna Path dibatasi sekitar 150 teman yang dapat saling berinteraksi satu sama lain. Didalam path tidak ada unfollow ataupun unfriend, pada path itu sendiri dapat melihat profil orang lain apabila sudah melakukan pertemanan. Tampilan path sangat simple dan elegan, pada bagian profil terdapat foto profil dan sampul profil.  
Fasilitas pada path begitu banyak. Berbagi foto pada path terdapat fasilitas edit sebelum share jadi bisa foto asli atau dikasih effect terlebih dahulu. Bukan hanya foto, video pun dapat dibagikan dengan ketentuan durasi. Foto dan video yang dibagikan filenya harus terdapat pada ponsel atau bisa juga di foto dan direkam saat itu juga.
 Berbagi film, lagu, bahkan buku bacaan yang sedang dibaca kepada para kerabat. Ada fasilitas tidur dimana kita dapat menghitung berapa lama kita tertidur. Lokasi yang dapat dibagi ke sesama pengguna, lokasi ini terhubung dengan gps. Seperti halnya facebook path juga dapat berkomentar ataupun mengirim pesan secara pribadi.
Sayangnya Path hanya dapat digunakan pada device mobile yang berbasis Android dan iOS saja. Meskipun kabar yang terdengar baru-baru ini, path akan muncul pada device berbasis Blackberry dan Windows. Untuk di computer tampilan path hanya seperti tampilan wallpaper tidak bisa melakukan kegiatan yang disediakan pada path.
Tak disangka pengguna Path Indonesia setiap harinya menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan aktivitas di Path. Dengan kata lain, 50 persen pengguna aktif harian Path berasal dari Indonesia. Jika dipersentasekan, setiap bulannya Indonesia menyumbang 30 persen trafik Path secara global. Disusul Negeri Paman Sam yang sama-sama memberi 30 persen dan merupakan basis pengguna Path terbesar kedua di dunia setelah Indonesia.   
Path mempunyai beberapa keunggulan yang membuat para penggunanya merasa nyaman dalam berbagi informasi. Kekurangan dari path yaitu keterbatasan pengguna berteman dengan pengguna lainnya dengan maksimal 150 teman.
Dampak positif dari keterbatasan pertemanan di path adalah faktanya otak manusia hanya dapat mengatur kegiatan bersosialisasi secara utuh 150 orang. Dampak negatifnya pengguna menjadi seperti kecanduan untuk membagikan apa yang ia punya.
Untuk segi keamanan Path sudah termasuk aman dalam berbagi informasi ke sesama pengguna karena tidak dapat mengakses atau terhubung dengan pengguna lainnya sebelum melakukan sebuah pertemanan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada terjadi penipuan. Pencipta path pun berpendapat bahwa para pengguna terbebas dari komentar orang orang yang tidak dikenal. Maka dari itu setiap jejaring social bagaimana kegunaannya dikembalikan kepada pengguna masing-masing.

Sumber:


Nama   : Yoshepin Febri Yanti
Kelas   : 2IA01
NPM    :57412871

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile