MY BEST DIARY
topbella

Wednesday, April 16, 2014

kejujuran hilang (?)

entah akan seperti apa ini nantinya, ketika kenyataan pahit bahwa kejujuran semakin hilang bahkan bayangannya pun hampir lenyap. tak jelas alasannya mengapa dengan mudahnya semua kejujuran perlahan tapi pasti gugur. adakah keuntungan ketika kejujuran itu benar-benar menghilang ?

jujur itu sebenarnya sangatlah mudah hanya saja terlalu memikirkan resiko dan keuntungan apa yang didapat jika jujur? itu mungkin salah satu penyebab dari mereka yang tak pernah sadar sudah memusnakan kejujuran secara perlahan.

jujur harusnya ditanamkan sejak dini, tapi sadarkah? sejak dini pula belajar memusnahkan kejujuran itu sendiri. bagaimana bisa kejujuran musnah sejak dini? ya bisa saja. contoh? tentu sudah banyak contohnya. satu diantara berbagai kejujuran yang kian lama kian musnah. saling mencontek ketika ujian, itu hal yang sangat simple dan tak pernah terbayangkan hanya dengan tingkah laku seperti itu sudah menanamkan sejak dini bahwa kejujuran itu tidak ada.

salah siapa kejujuran akan hilang? tak ada yang salah, hanya persepsi disetiap orang saja yang berbeda jujur itu seperti apa. bangga tidak jujur? banyak sekali yang mengumbar dengan bangganya bahwa ia tidak jujur. entah apa yang membuat mereka merasa bangga dengan rasa tidak jujur. apakah dengan tidak jujur akan mendapatkan suatu penghargaan?

sulit bahkan sangat sulit untuk membuat kejujuran itu kembali, bahkan lebih sulit dari apapun. tak perlu bersusah payah mengajak orang banyak untuk memiliki pribadi yang jujur. cukup dari diri sendiri tanamkan bahwa tak ada ruginya jika jujur 

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile