MY BEST DIARY
topbella

Monday, December 30, 2013

iOS vs Android



Belakangan terakhir terjadi persaingan sangat pesat dalam perkembangan teknologi khususnya dalam hal sistem operasi. Masing-masing perusahaan pun berlomba-lomba untuk menciptakan keunggulan dari setiap produk yang mereka buat. Persaingan yang paling ketat adalah antara android dan iOS. Meskipun  android merupakan pendatang baru namun dapat menyaingi iOS yang notabene lebih dahulu terkenal .
iOS adalah Operating System (sistem operasi) perangkat bergerak yang digunakan oleh iPhone, iPad, dan iPod Touch yang dikembangkan dan didistribusikan dari Apple, Inc. Sedangkan Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi.
Android dan iOS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Sistem Operasi berbasis mobile yang besar. Ada persaingan cukup ketat antara Google dan Apple, ini terjadi sejak awal kehadiran Android, dan mungkin akan terus terjadi persaingan ketat antar keduanya.
Dari hasil perbandingan di berbagai aspek, ditemukan bahwa iOS memiliki empat hal yang tidak dimiliki Android. Berikut rinciannya:
1. Lebih Aman
Android dikategorikan sebagai sistem operasi cukup rentang terserang virus. Meski Google telah melakukan perlindungan, perangkat masih terkena serangan malware. Google Play menjadi salah satu celah rusaknya perangkat oleh malware. Meski sudah melakukan perlindungan pada aplikasi itu, ancaman virus lain bisa datang dari mana saja, termasuk dari jaringan WiFi. Tercatat ada 32.8 juta perangkat Android yang terinfeksi virus malware tahun lalu.

Sementara, sistem keamanan iOS lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.
2. Lebih Mudah
Menurut orang yang sudah mencicipi iOS, mereka merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Bahkan, untuk pemula sekali pun, mempelajari kinerja iOS cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fungsinya.
3. Desain Menarik
Tampilan iOS didesain khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yang catchy dan penuh warna dipadukan dengan disain minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad. 
Selain tampilan, desain pada iPhone 5S misalnya, terasa ringan, sederhana dan modern di genggaman. Perpaduan antara metal dan kaca membuat ponsel ini lebih solid. iPhone 5S bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S4 sebagai ponsel tercepat dengan sistem operasi 64-bit A7 chipset terbaru.
4. Update Tidak Terbatas
Android akan melakukan pembaruan sistem operasinya dengan meluncurkan Kit Kat 4.4 dalam waktu dekat. Terdapat lebih 100 ribu perangkat Android, mulai dari ponsel dan tablet. Tapi sayangnya, tak semua perangkat Android bisa merasakannya. Hanya sekitar 1.5 persen perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru ini.
Setelah membahas keunggulan antara ios dengan android, maka sekarang akan membahas tentang kepemilikan pasar.
Kepemilikan Pangsa Pasar
Sejauh tulisan ini dibuat, pangsa pasar Android di bidang Smartphone sebesar 52%, iOS sebesar 40%, sisanya mungkin terdiri dari Windows Phone dan perangkat lain yang kurang terkenal. Sedangkan untuk pangsa pasar di bidang tablet, Apple unggul dengan menguasai pangsa pasar sebesar 71%, sisa 20% untuk Android dan platform lainnya.
Dalam hal kepemilikan, pria lebih mungkin untuk memiliki sebuah perangkat Android daripada iOS, sedangkan perempuan secara umum relatif antara keduanya.
Perangkat Android lebih populer dimiliki oleh anak muda dan remaja, yang mungkin terkait berpendapatan tahunan $ 89K atau kurang, sedangkan perangkat iOS yang lebih umum dimiliki oleh golongan yang berpendapatan tahunan $ 105K atau lebih.
Belanja Aplikasi Online
Dalam hal belanja aplikasi, pengguna iOS lebih banyak berbelanja aplikasi (67,5%) dibandingkan pengguna Android (43,9%). Mungkin ini terkait banyaknya aplikasi yang tersedia di platform iOS dan kebanyakan berbayar.
Rata-rata waktu berselancar yang dihabiskan oleh pengguna iOS untuk berbelanja aplikasi terhitung sebanyak 105 menit per bulan, sementara pengguna Android rata-rata menghabiskan waktu 88 menit per bulan.
Pemasaran Ponsel dan Keterlibatan Iklan
Ketika ada sebuah merek iklan online dari kedua platform iOS dan Android, pengguna iOS jauh lebih mungkin untuk meng-klik iklan tersebut dan ikut terlibat di dalamnya.
Pengguna iOS juga jauh lebih mungkin untuk mengkonversi beberapa merek iklan karena mereka telah terbiasa berinteraksi dengan pemasaran suatu merek, mereka (pengguna iOS) juga jauh lebih mungkin untuk melakukan pembelian merek iklan yang dipasarkan melalui perangkat mobile mereka.
Kesimpulan
Baik Android maupun iOS keduanya masih akan tetap melakukan persaingan ketat. Secara umum Android akan terus berkembang mengingat usianya yang relatif baru namun jangkuan pemasarannya sudah sangat luas. Akan tetapi para penggila belanja aplikasi berbayar akan tetap menjadi sasaran marketing iOS.
Sumber:

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile