MY BEST DIARY
topbella

Sunday, November 18, 2012

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

A.  Pelapisan Sosial

Masyarakat terbentuk dari individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial. Dengan adanya atau terjadinya kelompok sosial ini maka terbentuklah suatu pelapisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat yang berstrata.
Istilah stratisikasi dari kata strata atau stratum yang berate lapisan. Karena itu stratifikasi sering diterjemahkan dengan pelapisan masyarakat. Sejumlah individu yang mempunyai kkependudukan dan status yang sama menurut ukuran masyarakatnya, dikatakan berada dalam suatu lapisan atau stratum.
Pelapisan masyarakat berarti jenjang status dan peranan yang relative permanen yang terdapat didalam sistem sosial, pembedaan hak, pengaruh dan kekuasaan.
Didalam organisasi masyarakat primitive pun dimana belum menal tulisan, pelapisan masyarakat itu sudah ada. Hal ini terwujud berbagai bentuk sebagai berikut :
1.      Adanya kelompok berdasarkan jenis kelamin dengan pembedaan hak dan kewajiban.
2.      Adanya kelompok pemimpin suku yang berpengaruh dan mempunyai hak istimewa.
3.      Adanya pemimpin yang saling berpengaruh.
4.      Adanya orang orang yang dikecilkan diluar kasta dan orang yang diluar perlindungan hukum.
5.      Adanya pembagian kerja didalam suku itu sendiri
6.      Adanya pembedaan standar ekonomi dan didalam ketidaksamaan ekonomi itu secara umum
Terjadinya pelapisan sosial
ð  Terjadi dengan sendirinya
Proses ini berjalan dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri.  Oleh karena sifatnya yang tanpa disengaja inilah maka bentuk lapisan dan dasar daripada pelapisan itu bersifat variasi menurut tempat, waktu dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku. Pada pelapisan yang terjadi dengan sendirinya, maka kedudukan seseorang pada sesuatu strata atau pelapisan adalah secara otomatis, misalnya karena usia tua, karena pemilikan kepandaian yang lebih, atau kerabat pembuka, tanah, seseorang yang memiliki bakat atau seni.
ð  Terjadi dengan disengaja
Sistem pelapisan yang disusun dengan sengaja ditunjukan untuk mengejar tujuan bersama. Didalam sistem pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Sistem pelapisan yang dibentuk dengan sengaja ini dapat kita lihat misalnya didalam organisasi pemerintahan, organisasi partai politik, perusahaan besar, perkumpulan-perkumpulan resmi, dan lain-lain. Pendek kata dalam organisasi formal.

Pembedaan sistem pelapisan menurut sifatnya
Ø  Sistem pelapisan masyarakat yang tertutup
Didalam sistem ini permindahan anggota masyarakat ke lapisan yang lain baik ke atas maupun ke bawah tidak mungkin terjadi, kecuali ada hal-hal yang istimewa. Didalam sistem yang demikian itu satu-satunya jalan untuk dapat masuk menjadi anggota dari suatu lapisan dalam masyarakat adalah karena kelahiran. Sistem lapisan tertutup kita temui misalnya di india masyarakatnya mengenal sistem kasta.
Ø  Sistem pelapisan masyarakat yang terbuka
setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan untuk jatuh ke lapisan yang ada dibawahnya atau naik ke lapisan yang ada di atasnya.  Sistem yang demikian dapat ditemukan misalnya didalam masyarakat Indonesia sekarang ini. Setiap orang diberi kesempatan untuk menduduki segala jabatan bila ada kesempatan dan kemampuan untuk itu. Tetapu disamping itu orang juga dapat turun dari jabatannya bila dia tidak mampu mempertahankannya.

 B.    Kesamaan derajat
Kesamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungankan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya orang sebagai anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Hak dan kewajiban sangat penting ditetapkan dalam perundang-undangan atau Konstitusi. Undang-undang itu berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai faktor kehidupan.

Contoh contoh

Perusakkan rumah ibadah, perusakkan ini terjadi karena adanya perbedaan perbedaan antara satu dengan lainnya mengakibatkan banyak kerugian dalam banyak hal.


Telah dijelaskan bahwa diindonesia setiap orang atau individu diberikan kebebasan untuk memilih dan memeluk agama masing masing yang dipercayainya. Hal ini jelas tercantum dalam undang undang dasar 1945. Kenapa kasus diatas masih terjadi? Seharusnya setiap manusia menghormati agama hak hak yang dimiliki manusia lainnya.
Seperti yang tertera pada prastasti raja asoka

“Siapa pun yang menghina dan merendahkan agama orang lain sama hal nya dengan menghina dan merendahkan agamanya sendiri”
Seharusnya setiap manusia sadar, bahwa kita harus saling menghormati dan menghargai, siapapun pasti ingin dihormati dan dihargai, namun jika ingin dihormati dan dihargai oleh orang lain, kita harus menghormati dan menghargai orang lain terlebih dahulu. Dengan saling menghormati dan menghargai maka akan tercipta keharmonisan ketentraman kedamaian dalam kehidupan bersosial bermasyarakat
Disuatu rumah sakit ada pasien yang dalam keadaan darurat dan pasien yang luka ringan. Rumah sakit ini mendahulukan pasien yang luka ringan karena pasien ini anak pemilik perusahaan terkenal dan terkemuka sedangkan pasien yang dalam keadaan darurat ini hanya orang dari keluarga tidak mampu.

Contoh diatas adalah diskriminasi yang terbentuk akibat perbedaan kekayaan, dimana yang kaya didahulukan dan yang miskin dibiarkan. Hal ini sering terjadi karena bagaimana pun manusia sudah terbiasa sejak dahulu menilai seseorang berdasarkan kekayaan yang dimilikinya. Seharusnya dlaam bertindak dan berpikir kita harus efisien dan efektif dimana mendahulukan yang harus ditanggani dengan cepat.
Keinginan memiliki persamaan derajat ini melahirkan HAM hak asasi manusia, yang telah diperjuangkan umat manusia atau orang orang yang tertindas dimanapun sejak dahulu.
Diskriminasi ras atau suku atau bangsa tertentu, minsalnya dalam suatu tempat atau negara yang memiliki warga atau penduduk dari ras keturunan, mereka tidak diberikan kesempatan untuk mencoba atau mengembangkan kemampuan atau keahlian yang mereka miliki, karena orang orang takut mereka akan menguntungkan setengah dari darah yang mereka miliki.

Pada kasus diatas sebelum semua berpikir atau mengclaim bahwa mereka yang berasal dari ras keturunan akan menguntungkan bangsa lain seharusnya mereka ingat dan sadar bahwa dimana ras keturunan itu lahir dan dibesarkan, ras keturunan yang lahir dan dibesarkan ditempatnya pasti mereka memiliki rasa cinta pada tanah airnya yang dimana dia lahir dan dibesarkan, bukan melihat mereka keturunan siapa. Jadi seharusnya kita tidak membeda bedakan orang melalui garis keturunan selain itu dengan saling bersatu kita bisa lebih kuat lbh kokoh dan dapat menjaga memajukan mensejahterakan tanah air kita bersama
Di Indonesia landasan moral atau hukum tentang persamaan derajat terdapat pada landasan ideal pancasila, landasan konstisusi UUD 1945 pembukaan dan batang tubuh, ketetapan MPR no IV/MPR/1999 tentang GBHN
Dengan adanya persamaan harkat, derajat, martabat ini setiap orang atau individu harus mengakui dan menghormati akan adanya hak hak, derajat, martabat manusia lainnya. Hal ini terus dipelihara dan dijaga dalam kehidupan bermasyarakat atau bersosial agar tercipta keharmonisan, dengan ini diharapkan terjadi pemerataan sosial dimana tiap orang atau individu diberikan kesempatan untuk menciptakan atau membuat kehidupannya menjadi lebih baik.

______________________________________________
SUMBER
Harwantiyoko, Neltje F.Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta. 1996

Hadiyati, Nur. 2011. Persamaan derajat. http://pointofauthorities.blogspot.com/2011/11/persamaan-derajat.html. Diakses 18 November 2012.

Alden France, Tommy. 2011. Pelapisan Sosial dan Persamaan Derajat. http://fallingmeteorite.wordpress.com/2011/11/18/pelapisan-sosial-dan-persamaan-derajat/. Diakses 18 November 2012



0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile