MY BEST DIARY
topbella

Sunday, November 11, 2012

Permasalahan Sosial dalam Ruang Lingkup Individu, Keluarga, dan Masyarakat



Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang membahayakan kehidupan masyarakat. Masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan dalam diri manusia  atau kelompok social yang bersumber pada faktor-faktor berikut.

  1. Ekonomis, misalnya kemiskinan, pengangguran, dan bencana alam
  2. Biologis, misalnya penyakit menular dan wabah
  3. Psikologis, misalnya penyakit syaraf, bunuh diri, dan disorganisasi jiws
  4. Kebudayaan, misalnya kejahatan, kenakalan remaja, konflik etnis, dan konflik agama

Disetiap masyarakat terdapat perbedaan persepsi tentang kepincang-pincangan yang dianggap masalah sosial. Akan tetapi, pada umumnya yang dianggap masalah sosial yaitu:
1.      Kemiskinan
2.      Kejahatan
3.      Disorganisasi keluarga
4.      Masalah generasi muda
5.      Peperangan
6.      Masalah kependudukan
7.      Masalah lingkungan hidup
8.      Pelanggaran terhadap norma masyarakat
Permasalahan dalam ruang lingkup individu
Individu memberikan pengaruh rangsangan atau stimulus kepada individu lainnya. Permasalahan yang terjadi terhadap setiap individu biasanya rasa kurang percaya diri, merasa hidupnya tak begitu berarti untuk sebagian orang,
Permasalahan dalam ruang lingkup keluarga
Keluarga merupakan suatu media awal dari proses sosialisasi. Permasalahan yang terjadi dalam keluarga biasanya
1.      saat seorang anak merasa dikekang oleh keluarganya untuk melakukan hal yang mereka inginkan
2.      perceraian orang tua yang membuat anak merasa tidak ada yang menyayanginya
3.      sikap orang tua yang suka membanding-bandingkan  anak nya
4.      sikap orang tua yang sering memaksa anaknya untuk berprestasi

Permasalahan dalam ruang lingkup masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok atau sekumpulan manusia yang menempati wilayah tertentu dan membina kehidupan bersama dalam berbagai aspek kehidupan atas dasar norma sosial tertentu dalam waktu yang cukup lama.  Masalah yang terjadi dimasyarakat biasanya
1.      Perampokan
2.      Perjudian
3.      Narkoba
4.      Kenakalan remaja
Kesimpulannya adalah karakteristik antar  individu, keluarga, dan masyarakat yang saling berbeda memungkinkan saja terjadinya sebuah permasalahan sosial. Untuk menghindari terjadinya masalah sosial mudah saja. Kita harus berusaha menghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya.
Permasalahan sosial dalam masyarakat mempunyai penyelesaian bermacam-macam, mulai dari pemerintah yang kembali menggalakkan program-program sosial, seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah), pemberian beras untuk rakyat miskin (Raskin), pemberian sembako, bantuan gratis kesehatan, dll. Adanya kepedulian dalam masayarakat menghadapi permasalahan yang ditimbulkan oleh masyarakat lainnya, seperti keluarga yang peduli dan memperhatikan kebutuhan dan kesulitan remaja untuk bersosialisasi ataupun untuk menghindarkan remaja tersebut pada tawuran, komunitas pemakai narkoba, komunitas perokok, dan sebagainya. Dan penyuluhan dari tokoh-tokoh agama di masyarakat mengenai hal-hal yang bersifat religius, misalkan larangan mengikuti aliran sesat, mengingatkan masyarakat lainnya agar selalu beribadah hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

__________________________________________
SUMBER:
Godam64. 2008. Definisi/Pengertian Masalah Sosial dan Jenis/Macam Masalah Sosial Dalam Masyarakat. http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat. Diakses 2 November 2012.
Tanpa nama. 2011. Masalah-masalah Sosial yang Ada Dalam Masyarakat dan Cara Penyelesaiannya. http://tugasteknikmesin.blogspot.com/2011/12/masalah-masalah-sosial-yang-ada-dalam.html. Diakses 2 November 2012.

0 comments:

Post a Comment

My Photo
shepin
tak pernah tau bagaimana rasanya hidup jika tanpa mensyukuri nya...
View my complete profile